SOAL ULANGAN UAS GANJIL TAHUN 2014




Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester          : VII / Ganjil
Waktu                          : 120 menit
Tahun Pelajaran          : 2014-2015

    
 A. Pilihlah jawaban a,b,c, atau d yang benar !



1.        Sekelompok siswa melakukan penyelidikan IPA antara lain: melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai, melibatkan pancaindra, dan mencari informasi dari berbagai sumber. Tahapan kegiatan di atas adalah....
A.     mengomunikasikan C. pengamatan
B.     membuat Inferensi   D. percobaan

2.        Perhatikan gambar berikut:

P01P3EBT0314000001A









Bila neraca dalam keadaan setimbang, maka besar massa batu (B) adalah ….
A.     20,04 kg                    C. 24,00 kg
B.     20,4 kg                      D. 24,04 kg

3.        Perhatikan tabel berikut ini !
No
Besaran Fisika
Satuan
Alat ukur
1.
Panjang
Cm
Mistar
2.
Massa
Kilogram
Neraca
3.
Waktu
Sekon
Stopwatch
4.
Suhu
Celcius
termometer

Besaran pokok, satuan dalam SI dengan alat ukur yang benar ditunjukkan  ....
a.    (1) dan (2)                   C.  (2) dan (3)
b.    (1) dan (3)                   D.  (3) dan (4)

4.        Perhatikan hasil konversi berikut ini !
1)      2,5 kiligram = 2500 gram
2)      1500 centimeter = 1,5 meter
3)      2 kwintal = 20 kilogram
4)      3 menit = 180 sekon
Hasil konversi satuan yang benar adalah….
A.     1 dan 3                      C. 2 dan 3
B.     1 dan 4                      D. 2 dan 4

5.        Sifat yang dapat membedakan tumbuhan mangga sebagai makhluk hidup dengan mobil sebagai benda mati adalah….
A.     berkembang biak
B.     bergerak
C.     memiliki struktur Yang rumit
D.     butuh energi

6.        Monera disebut juga kelompok makhluk hidup ….
A.    prokariotik       C. uniseluler
B.    eukariotik        D. autotrof

7.        Diketahu beberapa pernyataan sebagai berikut:
1)    Masih dapat diuraikan menjadi dua zat atau lebih secara kimia
2)    terbentuk dari dua zat atau lebih secara fisika
3)    zat tunggal yang tidak diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana
4)    Memiliki sifat yang sama dengan zat penyusunnya
5)    sifatnya berbeda dengan zat penyusunnya
6)    dikelompokan kedalam unsur logam dan non logam
Ciri-ciri Unsur, senyawa, dan Campuran yang benar adalah....
           

Unsur
Senyawa
Campuran
A
1dan 2
3 dan 4
5 dan 6
B
2dan 4
1 dan 5
3 dan 6
C
3 dan 4
2 dan 6
1 dan 5
D
3 dan 6
1 dan 5
2 dan 4

8.    Perhatikan tabel berikut!

No
Nama Unsur
Simbol
1
Kalsium
K
2
Nitrogen
N
3
Helium
He
4
Carbon
Ca

Penulisan simbol unsur yang benar adalah:
A.  1 dan 2                      C. 2 dan 3
B.  1 dan 3                      D. 2 dan 4

9.         Suatu larutan diuji dengan kertas lakmus. Kertas lakmus biru yang dicelupkan ke dalam larutan tersebut tetap berwarna biru, terasa licin dikulit, dan agak pahit. Maka larutan tersebut adalah …
A. cuka
B. jua tomat
C. air sabun
D. air minum

10.   Perhatikan pernyataan berikut!
1) produksi asam lambung yang berlebihan dapat dinetralkan menggunakan senyawa basa Mg(OH)2
2) para petani agar tanah yang terlalu asam dan tidak baik bagi tanaman dapat diolah sebagai lahan pertanian dengan cara menambahkan senyawa basa Ca(OH)2
3) pasta gigi yang berfungsi melindungi gigi
4) sabun cuci yang berfungsi membersihkan pakaian.
Pernyataan yang benar tentang reaksi penetralan atau reaksi asam dan basa yang berguna bagi manusia adalah ….
A.     1, 2, dan 3               C. 1, 3, dan 4
B.     1, 2, dan 4               D. 2, 3, dan 4

11.     Perhatikan Pernyataan berikut ini !
1)  Memiliki tulang belakang
2)  Tidak menyusui anaknya
3)  Tubuh tidak ditutupi bulu
4)  Bergerak dengan sirip
Ciri-ciri hewan diatas adalah….
A.     mamalia                   C. amphibi
B.     pisces                       D. aves

12.     Urutan takson yang benar pada tumbuhan dari yang paling tinggi ke paling rendah adalah…
A.     species – genus – familia – ordo – class – fillum
B.     species – genus – familia – ordo – class – divisi
C.     fillum – class – ordo – familia – genus – species
D.     divisi – class – ordo – familia – genus – species

13.  Perbedaan organisme prokariotik dan eukarotik adalah....
A.     membran inti sel    C. letak inti sel
B.     jumlah inti sel         D. bentuk inti sel

14.  Organisme yang berperan membantu memproduksi vitamin K  melalui proses pembusukan sisa makan adalah….
A.     Amoeba               C. Escherichia coli
B.     Plasmodium        D. Euglena

15.  Perhatikan gambar berikut !


 
 









Organisme diatas yang termasuk protista adalah….
A.     1 dan 3                      C. 2 dan 3
B.     1 dan 4                      D. 2 dan 4

16.    Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)      Tidak berklorofil
2)      berspora
3)      tidak memilik akar, batang dan daun
4)      Bersifat saprofit
Kelompok tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah ….
A. paku
B. lumut
C. ganggang
D. jamur

17.    Perhatikan contoh jamur berikut ini!
1)      Rhizopus stolonifer
2)      Rhizopus oryzae
3)      Saccharomyces cerevisiae
4)      Aspergilus
       Kelompok zygomycota ditunjukan oleh nomor….
A.    1 dan 2                      C. 2 dan 3
B.     1 dan 3                      D. 2 dan 4

18.      Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
       (1 )memiliki berkas pembuluh angkut
       (2) berbunga
       (3) akar batang daun belum jelas
 (4) tidak memiliki berkas pembuluh angkut Manakah yang merupakan ciri tumbuhan kormofita ?
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

19.      Tumbuhan berikut yang merupakan contoh tumbuhan kormofita adalah ....
A.   Suplir
B.   Paku sarang burung
C.   Lumut hati
D.  Semanggi

20.      Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
       (1)memiliki berkas pembuluh angkut
       (2) berbunga
       (3) akar batang daun belum jelas
       (4) tidak memiliki berkas pembuluh angkut
Manakah yang merupakan ciri tumbuhan trakheophyta ?
A.  (1) dan (2)
B.  (1) dan (3)
C.  (2) dan (3)
D.  (3) dan (4)
21.      Tanaman paku ( Pteridophyta ) dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk beberapa keperluan. Manakah pernyataan yang benar tentang pemanfaatan Pteridophyta ?
A.    Semanggi digunakan untuk bahan sayuran
B.    Paku ekor kuda dimanfaatkan untuk bahan kosmetika
C.     Paku sarang burung digunakan untuk  membuat agar-agar
D.    Paku kawat digunakan untuk bahan bangunan

22.      Ciri-ciri tanaman Gymnospermeae yang benar adalah ....
A.  berkeping biji tunggal
B.  bunganya berupa strobilus
C.   biji tertutup oleh daging buah
D.  berkeping biji dua
23.      Manakah pernyataan yang benar tentang perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil !

Dikotil
Monokotil
A
keping biji tunggal
keping biji dua
B
berakar tunggang
berakar serabut
C
tidak berkambium
berkambium
D
Mahkota bunga berjumlah 3 atau kelpatannya
Mahkota bunga berjumlah 2,5 atau kelipatannya





24.      Pernyataan manakah yang menunjukkan perbedaan yang benar antara cacing Plathyhelmnthes dan Nemathelminthes ?

Plathyhelminthes
Nemathelminthes
A
Tubuhnya berbentuk pipih/gepeng
Tubuh berbentuk seperti benang
B
Tubuhnya bersegmen-segmen
Tubuhnya berbentuk pipih/gepeng
C
Tubuh berbentuk seperti benang
Tubuhnya berbentuk pipih/gepeng
D
Tubuh berbentuk seperti benang
Tubuhnya bersegmen-segmen

25.      Perhatikan ciri-ciri dan gambar Avertebrata berikut!
1.     Berkulit duri
2.     Tubuhnya berpori
3.     Tubuhnya lunak
4.     Mengalami metamorfosis
Ciri yang sesuai dengan hewan tersebut adalah ....
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4

26.      Hewan Crustacea banyak dimanfaatkan untuk....
A.  bahan obat-obatan tradisional
B.  bahan makanan sumber protein
C.  membuat kerajinan tangan
D.  makanan binatang ternak

27.      Perhatikan gambar beberapa hewan berikut!
Hewan-hewan tersebut termasuk dalam kelompok....
A.  Pisces
B.  Aves
C.  Reptil
D.  Mammalia

28.      Perhatikan gambar bagian-bagian  sel berikut!
Bagian X berfungsi untuk ....
A.    Melindungi sel
B.    Mengatur seluruh kegiatan sel
C.    Menghasilkan protein
D.    Tempat terjadinya fotosintesis

29.      Manakah pernyataan yang benar tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?

Sel hewan
Sel tumbuhan
A
Memiliki kloroplas
Tidak berkloroplas
B
Tidak berdinding sel
Memiliki dinding sel
C
Tidak memiliki sentriol
Memiliki sentriol
D
Tidak bermembran sel
Memiliki membran sel

30.      Perhatikan gambar sel berikut!
Bagian sel yang ditunjuk huruf M adalah ....
A.    badan Golgi
B.    sitoplasma
C.    mitokondria
D.    nucleus

31.      Perhatikan gambar jaringan berikut!
Fungsi jaringan tersebut adalah ....
A.    Menghantarkan impuls
B.    Mengangkut oksigen
C.    Melindungi jaringan lainnya
D.    Mengangkut sari-sari makanan

32.      Perhatikan data bagian tubuh makhluk hidup berikut!
1.epidermis
2.lambung
3.epitel
4.jantung
Manakah data yang merupakan jaringan?
A.    (1) dan (2)
B.    (1) dan (3)
C.    (2) dan (3)
D.    (2) dan (4)

33.      Organ manakah yang menyusun sistem pencernaan?
A.      Kerongkongan
B.      Tenggorokan
C.      Ginjal
D.     Ovarium

34.      Perhatikan data ciri-ciri perubahan benda berikut!
1.terbentuk zat jenis baru
 2.menghasilkan gas
3.dapat kembali ke bentuk semula
4.komposisi materi tidak berubah
 Ciri-ciri yang sesuai dengan perubahan kimia    adalah ....
A.         ( 1) dan (2)
B.         (1)  dan (3)
C.         (2) dan (3)
D.        (3) dan (4)
35.      Manakah perubahan zat yang merupakan contoh perubahan kimia ?
A.      Batu cincin yang digosok menjadi mengkilap
B.      Singkong berubah menjadi tape setelah diberi ragi
C.      Lilin meleleh setelah dibakar
D.     Besi ditempa menjadi sebilah pedang





B.ESSAY

Text Box: Berdasarkan gambar tersebut, kelompok
nomor berapa yang memiliki ciri-ciri berikut:
a. Bertulang belakang dan hidup di darat.(5)
b. Bernafas menggunakan kulit (1)
c. Golongan karnifora (6)
d. Bernafas dengan trakea (1)

1.  Perhatikan gambar berikut !



 
 





















2.   Perhatikan gambar berikut ini !
           











Tentukan dan jelaskan urutan yang benar langkah- langkah penggunaan miroskop sesuai gambar teresbut!


3.    Bagaimanakah caranya agar kita terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh jamur?

4.    Jelaskan hubungan antara bentuk dan fungsi jaringan berikut  :
a.    
b.   
5.    Jelaskan cara pemisahan campuran yang berhubungan dengan cara pembuatan garam secara tradisional !









Aku Pembelajar

Saya Cosmos Edwart Hutasoit, S.Pd seorang guru pembelajar yang tersertifikasi.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama