CARA MANUAL ANALISIS VALIDITAS BUTIR SOAL BENTUK OBJEKTIF



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhba3levyM735urQi9IFJUI_o47K-cuOzmGzNlaX6qGA_upKkwsMsSDeGUKbZOb7jUpt-IeJu-NxdlyCPFqb8IBXjlVY_jX0lxI4b-j6X1YPx7_Pf3wIGBSBmrlCwxcnTNpClJ8FSHdXGQ/s1600/1.bmp
1.     Validitas instrumen adalah tingkat kemampaun suatu instrumen mengukur apa yang seharusnya diukur, khususnya dalam proses pembelajaran
2.     Dari segi analisis validitas dibagi atas validitas rasional dan validitas empirik
3.     Validitas rasional terdiri atas validitas isi (content) dan validitas bangun (construct)
4.     Validitas empiris terdiri atas valditas ramalan (predictive) dan validitas bandingan (concurrent )
5.     Validitas rasional dapat dianalisis secara rasio melalui GPPP dan panel, sedangkan valitas empirik dianalisis secara statistik
6.     Validitas butir secara statistik dianalisis berdasakan jenis data yang terkumpul. Data diskrit (misalnya hasil tes obyektif) dihitung dengan korelasi point biserial sedangkan data kontinu (misalnya hasil tes uraian atau skala sikap) digunakan korelasi Pearson product – moment.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4G7j5MGf0_NocuT4iZEGgTrPdiLajO77j8pG0LYPUSvDsTmLMh39wYeBwB5O0jF6uJnyPtw02u13ArWfXNZBMHCCKWGvb79aza3K5jsUx0Y3rtDSM0kgDv3WEpcXND3bVkU-ZSo65_8o/s1600/7.bmp

 Contoh skor butir soal objektif:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtiUVHjoJEVFGvC35c2hb_h2M9cPQ5MiHyD-I8wR3Ia4BmWtNymwCoaMNuUd0nBq57wdNEhBr8xYqd8IyBLqHju5-oVAnplkdEXllv5s19Ly57p8OoxSee0-kwoJFqkyv2XgfpDNaGTyU/s1600/8.bmp
Persiapan Perhitungan Validitas (Korelasi Point Biserial):
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi713Xl99PI1TJuCyYui___3f7g2ozjZnRNiGyL1bQsTfEISNtWcoYK4bfdZG0dNNBATCd5_sV3lh7OvyL0SmTVKFCR76NfwEeL48QnHOZxloSDBYCEP9oO_lagjI2-BfH-bLTxj76nUig/s1600/9.bmp
  • ΣXt  = 97      Î£Xt2 = 703
  • Nilai p = jumlah yang menjawab benar pada butir tertentu dibagi jumlah siswa (pada butir 1, misalnya,  yang menjawab benar 7 orang, berarti p = 7/ 15 = 0,47)
  • q =  1 – p ( pada butir 1;  q = 1 – 0,47 = 0,53)
  • Demikian seterusnya >>> sehingga didapatkan nilai p dan q seperti pada tabel di atas
Menghitung rata-rata skor total:
                                                                 Î£Xt               97
                                                Mt  =   -----------   =   -------   = 6,46
                                                                 N                  15

Menghitung Mp setiap butir soal (rata-rata hitung dari skor total yang dijawab dengan betul):
Contoh Pada Butir 1:
Jumlah yang menjawab betul 7 orang (siswa No. 3, 5, 11, 12, 13, 14, 15), sedangkan skor total setiap siswa adalah 5 + 8 + 8 + 9 + 8 + 7 + 12 = 57. 
    Jadi Mp =  57/7 = 8,14.

Contoh berikutnya untuk butir 10:
Jumlah yang menjawab benar juga 7 orang (siswa No. 1, 2, 5, 6, 11, 12, dan 15). Skor total setiap siswa adalah: 4 + 7 + 8 + 4 + 8 + 9 + 12 = 52
  Jadi Mp =  52/7 = 7,43.

Ternyata meskipun yang menjawab benar pada butir tertentu sama jumahnya, tetapi Mp tidak sama, karena besarnya Mp ditentukan pula oleh skor total siswa yang menjawab benar pada butir tersebut.
Menghitung standar deviasi total dengan menggunakan rumus:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRM6tHSGYaO4X6AROlMfyXR59frW60zXcfGIDJVjrAgLR_SqCIE6I12q1KSaCyovsZLaenFjWwgf52jvVQ7Wyaow8172osbtLYfFDUz-fwADucakDFHMTookbfRg27SoN9d_cmoqXeC7c/s1600/10.bmp
Menghitung validitas butir soal dengan rpbis (korelasi point biserial):
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2GnlyQqihcJKDvy2W18WfmB2tiET19CcKKqtuSGBflutX3liWnH-1zgHmlCWejKaBRcVfXItVomtTrXkMFfUSacExSQKiX7vcwTXZTQiU-MsH4UzGDFO0xe-5NI3H_RBPIv-wWIa6KUg/s1600/11.bmp
Makin tinggi koefisien korelasi yang dimiliki makin valid butir instrumen tersebut. Secara umum, jika koefisien korelasi sudah lebih besar dari 0,3 maka butir instrumen tersebut sudah dikategorikan valid (Weiresma and Jurs, 1990).


Dicopy dari : http://akbar-iskandar.blogspot.com
 

Aku Pembelajar

Saya Cosmos Edwart Hutasoit, S.Pd seorang guru pembelajar yang tersertifikasi.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama