Uji Kompetensi (4) Tengah Semester 5 SMP



31.      Tanaman kapri berbunga merah disilangkan dengan kapri berbunga putih. Keturunan pertama (F1) 100% berupa kapri berbunga merah. Hal itu menunjukkan bahwa ….

32.      Jeruk berbuah manis (MM) disilangkan dengan jeruk berbuah asam (mm). F1 yang dihasilkan adalah jeruk berbuah manis (Mm). Jika sesama F1 disilangkan dihasilkan keturunan kedua (F2) sebanyak 120 keturunan, jumlah keturunan yang berbuah manis heterozigot adalah ….

33.      Ercis biji bulat disilangkan dengan ercis biji kisut. Jika bulat bersifat dominan yang muncul adalah ….

34.      Kelinci hitam dengan genotipe Hh dikawinkan dengan kelinci putih bergenotif hh. F1 pada perkawinan tersebut adalah ….

35.      Dalam pembuatan yoghurt digunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus. Bakteri ini berperan mengubah glukosa menjadi ….

36.      Proses pembuatan sari kelapa (nata de coco) digunakan mikroorganisme Acetobacter xylinum yang berfungsi untuk mengubah gula menjadi ….

37.      Pada proses pembuatan tempe digunakan Rhizopus oryzae yang berperan untuk ….

38.      Dalam pembuatan oncom digunakan jamur Neurospora sitophila yang berperan untuk ….

39.      Timbulnya rasa pahit pada tape singkong yang dibiarkan terlalu lama disebabkan oleh terbentuknya ….

40.  Bahan dasar pembuatan roti adalah tepung terigu yang ditaburi mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae agar dapat mengembang. Perubahan yang dilakukan mikroorganisme tersebut terhadap bahan dasar pembuatan roti adalah ….

Aku Pembelajar

Saya Cosmos Edwart Hutasoit, S.Pd seorang guru pembelajar yang tersertifikasi.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama