LIHAT SOAL UAS DISINI
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER V
MATA PELAJAR : IPA TERPADU
ALOKASI WAKTU : 120 Menit
KELAS : IX
JUMLAH SOAL : 40 PG dan 5 Esai
KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER V
TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015
MATA PELAJAR : IPA TERPADU
ALOKASI WAKTU : 120 Menit
KELAS : IX
JUMLAH SOAL : 40 PG dan 5 Esai
SEMESTER : V (Lima)
PENYUSUN : Cosmos E. Hutasoit, S.Pd
PENYUSUN : Cosmos E. Hutasoit, S.Pd
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Pencapaian
|
No
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Bobot
Soal
|
Prediksi
Tingkat Kesukaran Soal
|
||
Md
|
Sd
|
Sk
|
||||||||
1
2.
3.
|
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mendiskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi manusia.
Mendiskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan
sifat dan penerapannya.
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.
Mendeskripsikan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sistem
Ekskresi
Sistem
Reproduksi
Sistem
Koordinasi
Kelangsungan
Hidup Makhluk Hidup
Pewarisan Sifat
Bioteknologi
Pangan
Listrik Statis
Listrik Dinamis |
1.
Disajikan
gambar, siswa dapat mengidentifikasi proses pembentukan urine.
2.
Siswa dapat memahami proses pengeluaran zat sisa
di dalam ginjal manusia.
3.
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasikan
dan memahami fungsi bagian – bagian
dengan reproduksi wanita
4.
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasikan dan memahami fungsi bagian – bagian dengan
reproduksi pria
5.
Disajikan gambar neuron, siswa memahami struktur
dan fungsi bagian-bagian neuron.
6.
Disajikan
gambar, siswa mampu menentukan bagian dan fungsi organ panca indera (mata)
7.
Disajikan
pernyataan, siswa mampu menentukan cara adaptasi makhluk hidup pada ikan, rayap, dan manusia.
8.
Disajikan
persilangan monohibrid, siswa menentukan jumlah keturunan pada F-2.
9.
Disajikan
persilangan kacang ercis, siswa menentukan persentasi perbandingan keturunan
pertama.
10. Disajikan persilangan monohibrid kelinci, siswa
mampu menentukan perbandingan hasil keturunan.
11. Siswa mampu menentukan peran mikroorganisme Lactobacillus bulgaricus dalam pembuatan yoghurt.
12. Siswa mampu menentukan peran mikroorganisme Acetobacter xylinum dalam pembuatan nata de coco.
13. Siswa mampu menentukan peran mikroorganisme Rhizopus oryzae dalam pembuatan tempe.
14. Siswa mampu menentukan peran mikroorganisme Neurospora sitophila dalam pembuat
oncom.
15. Siswa mampu menentukan peran mikroorganisme Saccharomyces sp. dalam pembuatan
tape.
16. Siswa mampu menentukan peran mikroorganisme Saccharomyces cerevisiae dalam
pembuatan roti.
17. Disajikan gambar model atom, siswa dapat menentukan
jumlah proton, elektron, dan neutron.
18. Disajikan data bahan-bahan, siswa mampu menentukan
bahan isolator dan konduktor.
19. Disajikan gambar bahan, siswa mampu memberikan
pernyataan yang tepat mengenai hasil yang diperoleh.
20. Disajikan hasil penyilidikan perilaku sisir
terhadap serpihan kertas, siswa mampu memberikan kesimpulan dan hasil
penyelidikan.
21. Disajikan peristiwa dan gambar, siswa menentukan
prinsip kerja elektroskop.
22. Disajikan data dua buah muatan, siswa dapat
menentukan gaya kedua muatan.
23. Disajikan kejadian partikel bermuatan listrik,
siswa mampu perkirakan gaya yang ditimbulkan.
24. Disajikan percobaan kaca dengan kain sutera, siswa
mampu menentukan proses yang terjadi kedua benda tersebut.
25. Disajikan data dua buah muatan dengan jarak, siswa
mampu menentukan besar dan arah gaya serta medan listrik.
26. Disajikan data muatan listrik dan gaya, siswa dapat
menentukan jarak kedua muatan.
27. Disajikan
gambar, siswa mampu menunjukkan garis-garis gaya pada dua muatan.
28. Siswa mampu membedakan arus listrik, arus elektron,
dan kuat arus melalui pengertian.
29. Disajikan rangkaian dengan beberapa sakelar, siswa
mampu menentukan lampu yang menyala.
30. Disajikan rangkaian hambatan, siswa mampu
menentukan nilai hambatan pengganti.
31. Disajikan rangkaian sederhana, siswa mampu
menentukan besar arus dan beda potensial.
32. Disajikan rangkaian listrik dengan tegangan, siswa
mampu menentukan besar kuat arus yang mengalir.
33. Disajikan gambar rangkaian listrik menyilang, siswa
mampu menentukan arus listrik sesuai dengan hukum Kirchoff.
34. Disajikan gambar rangkaian listrik dengan voltmeter
dan amperemeter, siswa mampu menentukan pemasangan voltmeter dan amperemeter
dengan benar.
35. Siswa mampu menjelaskan hukum kirchoff
36. Disajikan rangkaian listrik tertutup dengan 7 buah
hambatan, siswa mampu menjelaskan aliran arus listrik sesuai dengan hukum
kirchoff.
37. Disajikan data arus listrik mengalir dengan waktu,
siswa mampu menentukan muatan dan jumlah elektron.
|
1,2,
1
3
4
5
6
7
8, 9, 10 11, 2
12
13
14 15 16 17
18
19 20 21 22
23
24
25 26 27, 28 3 29
30
31, 32 33 34
4
35 36 37
38
39
40
5 |
PG
Esai
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG,
Esai
PG
PG
PG
PG PG PG PG
PG
PG
PG PG
PG
PG
PG PG PG PG
PG
Esai PG
PG
PG
PG
PG
PG
Esai
PG PG
Esai
PG PG PG
PG
PG
PG
Esai |
1,5
8
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
8
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5 1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
8
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
1,5
8
1,5 1,5
8
1,5 1,5 1,5
1,5
1,5
1,5
8 |
Tags
Soal-soal