Membuat dan menggunakan rubrik



Tips Mengajar : Membuat dan menggunakan rubrik

Rubrik yang efektif dapat menjadi mempercepat waktu untuk guru, tetapi rubrik efektif dapat menghentikan guru dan benar-benar membuat gradasi tugas lebih sulit. Ada beberapa poin penting bagi guru untuk menciptakan dan menggunakan rubrik yang efektif.

  1. Jangan menciptakan roda. Ada ribuan rubrik yang berbeda dalam berbagai buku maupun online. Mulailah dengan mencari rubrik yang paling mirip dengan apa yang ingin Anda gunakan. Jika muncul bahwa ia akan bekerja seperti, menggunakannya. Jika tidak, cukup beradaptasi rubrik ini untuk memenuhi kebutuhan Anda.

  2. Jangan membuatnya terlalu besar atau kompleks. Salah satu kesalahan yang membuat guru adalah untuk memasukkan segala sesuatu yang mungkin pada rubrik. Hasilnya adalah rubrik kikuk yang merupakan beban pada guru menyebabkan peningkatan waktu grading. Ini rubrik luas juga luar biasa dan mengecewakan kepada siswa. Mereka tampaknya terlalu banyak nit-picking dan tidak akan memenangi hati apapun dengan siswa. Jauhkan rubrik untuk sekitar 5 kategori paling.

  3. Hindari rubrik yang membuat guru menerjemahkan nilai. Rubrik yang mengambil lebih banyak waktu untuk menggunakan adalah orang-orang bahwa guru peringkat 1-5 pada 5 kategori dan belum penugasan bernilai 200 poin. Hal ini kemudian memaksa guru untuk membuat terjemahan grade untuk buku kelas. Hal ini membuat langkah rubrik canggung dan lain bahwa guru tidak perlu. Berikan setiap bagian yang sedang dievaluasi jumlah total poin yang mungkin, daripada mencoba untuk hasil transpose ke poin untuk buku kelas.

  4. Cek dan lingkaran. Salah satu rubrik tercepat adalah salah satu yang hanya menggunakan tanda cek. Guru kemudian dapat memberikan nilai berdasarkan jumlah tanda cek. Metode lain yang mudah hanya berputar-putar kualitas sukses atau angka. Ini akan menghemat waktu guru. Cara ini lebih cepat untuk membuat tanda centang atau lingkaran daripada menuliskan nilai individu.

  5. Gunakan stabilo. Menggunakan stabilo untuk menandai rubrik dapat menjadi metode penilaian cepat. Kemudian setelah menyoroti daerah yang sukses dan komentar, kembali dengan sebuah pena atau pensil untuk mencetak gol itu. Hal ini dapat menggunakan rubrik lebih efektif.

  6. Biarkan siswa dalam rahasia. Salah satu keputusan terburuk adalah untuk tidak menampilkan siswa rubrik di muka. Dalam semua keadilan mereka harus melihat apa guru adalah kadar dari awal. Hasilnya biasanya peningkatan kualitas tugas serta kurang keluhan dari siswa dan orang tua.

  7. Mendukung siswa. Rubrik cenderung mendukung siswa. Hal ini memungkinkan untuk beberapa komponen untuk keberhasilan proyek. Guru cenderung membiarkan kriteria tertentu untuk membayangi orang lain. Sangat mudah untuk menurunkan kelas dari kertas dengan ejaan dan tata bahasa yang buruk, tapi dengan rubrik lebih mudah untuk memberikan kredit mahasiswa untuk daerah yang dia lakukan dengan baik. Jika kertas dipenuhi dengan tanda merah, semuanya tampak mengecewakan untuk mahasiswa. Ketika rubrik digunakan, mahasiswa dapat melihat daerah mana yang benar-benar sangat baik dan dapat mengambil beberapa kebanggaan di daerah tersebut.

  8. Jauhkan komentar singkat. Sebuah rubrik dimaksudkan untuk memberikan penilaian yang obyektif dan untuk membantu guru dengan penilaian ini. Jika guru memberikan seluruh halaman komentar selain rubrik, itu mengalahkan tujuan. Batasi komentar tambahan tiga. Lebih dari itu akan memakan waktu dan besar untuk siswa.

  9. Jauhkan komponen positif. Membuat bidang evaluasi lebih lanjut tentang apa yang siswa melakukan yang benar daripada apa yang mereka lakukan salah. Buatlah cara untuk mendapatkan poin daripada mengambil poin jauh. Ini membantu grading untuk tampil positif terhadap siswa daripada banyak kritik. 
  10. Jangan berlebihan. Tidak semuanya perlu rubrik. Kadang-kadang dapat diterima untuk hanya memberikan siswa poin tanpa rubrik. Simpan rubrik untuk tugas yang sangat penting. Jika rubrik digunakan untuk segala sesuatu, para siswa berhenti membayar perhatian kepada mereka. Percaya atau tidak, ada hal seperti itu berlebihan rubrik. Rubrik dapat menjadi bagian sukses dari arsenal penilaian guru. Memilih komponen yang benar dan penggunaan dapat membuat penilaian dan umpan balik tugas yang mudah yang bermanfaat untuk para siswa juga.

Aku Pembelajar

Saya Cosmos Edwart Hutasoit, S.Pd seorang guru pembelajar yang tersertifikasi.

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama