Tips Mengajar : Membuat dan menggunakan rubrik
Rubrik yang efektif dapat menjadi mempercepat waktu untuk guru, tetapi rubrik efektif dapat menghentikan guru dan benar-benar membuat gradasi tugas lebih sulit. Ada beberapa poin penting bagi guru untuk menciptakan dan menggunakan rubrik yang efektif.
- Jangan menciptakan roda. Ada ribuan rubrik yang
berbeda dalam berbagai buku maupun online. Mulailah dengan mencari rubrik
yang paling mirip dengan apa yang ingin Anda gunakan. Jika muncul bahwa ia
akan bekerja seperti, menggunakannya. Jika tidak, cukup beradaptasi rubrik
ini untuk memenuhi kebutuhan Anda.
- Jangan membuatnya terlalu besar atau kompleks. Salah
satu kesalahan yang membuat guru adalah untuk memasukkan segala sesuatu
yang mungkin pada rubrik. Hasilnya adalah rubrik kikuk yang merupakan
beban pada guru menyebabkan peningkatan waktu grading. Ini rubrik luas
juga luar biasa dan mengecewakan kepada siswa. Mereka tampaknya terlalu
banyak nit-picking dan tidak akan memenangi hati apapun dengan siswa. Jauhkan
rubrik untuk sekitar 5 kategori paling.
- Hindari rubrik yang membuat guru menerjemahkan
nilai. Rubrik yang mengambil lebih banyak waktu untuk menggunakan adalah
orang-orang bahwa guru peringkat 1-5 pada 5 kategori dan belum penugasan
bernilai 200 poin. Hal ini kemudian memaksa guru untuk membuat terjemahan
grade untuk buku kelas. Hal ini membuat langkah rubrik canggung dan lain
bahwa guru tidak perlu. Berikan setiap bagian yang sedang dievaluasi
jumlah total poin yang mungkin, daripada mencoba untuk hasil transpose ke
poin untuk buku kelas.
- Cek dan lingkaran. Salah satu rubrik tercepat adalah
salah satu yang hanya menggunakan tanda cek. Guru kemudian dapat
memberikan nilai berdasarkan jumlah tanda cek. Metode lain yang mudah
hanya berputar-putar kualitas sukses atau angka. Ini akan menghemat waktu
guru. Cara ini lebih cepat untuk membuat tanda centang atau lingkaran
daripada menuliskan nilai individu.
- Gunakan stabilo. Menggunakan stabilo untuk menandai
rubrik dapat menjadi metode penilaian cepat. Kemudian setelah menyoroti
daerah yang sukses dan komentar, kembali dengan sebuah pena atau pensil
untuk mencetak gol itu. Hal ini dapat menggunakan rubrik lebih efektif.
- Biarkan siswa dalam rahasia. Salah satu keputusan
terburuk adalah untuk tidak menampilkan siswa rubrik di muka. Dalam semua
keadilan mereka harus melihat apa guru adalah kadar dari awal. Hasilnya
biasanya peningkatan kualitas tugas serta kurang keluhan dari siswa dan
orang tua.
- Mendukung siswa. Rubrik cenderung mendukung siswa.
Hal ini memungkinkan untuk beberapa komponen untuk keberhasilan proyek.
Guru cenderung membiarkan
kriteria
tertentu untuk membayangi orang lain. Sangat mudah untuk menurunkan kelas
dari kertas dengan ejaan dan tata bahasa yang buruk, tapi dengan rubrik
lebih mudah untuk memberikan kredit mahasiswa untuk daerah yang dia
lakukan dengan baik. Jika kertas dipenuhi dengan tanda merah, semuanya
tampak mengecewakan untuk mahasiswa. Ketika rubrik digunakan, mahasiswa
dapat melihat daerah mana yang benar-benar sangat baik dan dapat mengambil
beberapa kebanggaan di daerah tersebut.
- Jauhkan komentar singkat. Sebuah rubrik dimaksudkan
untuk memberikan penilaian yang obyektif dan untuk membantu guru dengan
penilaian ini. Jika guru memberikan seluruh halaman komentar selain
rubrik, itu mengalahkan tujuan. Batasi komentar tambahan tiga. Lebih dari
itu akan memakan waktu dan besar untuk siswa.
- Jauhkan komponen positif. Membuat bidang evaluasi lebih lanjut tentang apa yang siswa melakukan yang benar daripada apa yang mereka lakukan salah. Buatlah cara untuk mendapatkan poin daripada mengambil poin jauh. Ini membantu grading untuk tampil positif terhadap siswa daripada banyak kritik.
- Jangan berlebihan. Tidak semuanya perlu rubrik. Kadang-kadang dapat diterima untuk hanya memberikan siswa poin tanpa rubrik. Simpan rubrik untuk tugas yang sangat penting. Jika rubrik digunakan untuk segala sesuatu, para siswa berhenti membayar perhatian kepada mereka. Percaya atau tidak, ada hal seperti itu berlebihan rubrik. Rubrik dapat menjadi bagian sukses dari arsenal penilaian guru. Memilih komponen yang benar dan penggunaan dapat membuat penilaian dan umpan balik tugas yang mudah yang bermanfaat untuk para siswa juga.
Tags
Pendidikan